Homesick

Nggak tau kenapa, malem ini bener-bener kangen banget sama mama. Suka nangis sendiri kalo kangen, padahal jaraknya cuma Bandung-Jakarta gak kaya sebelumnya Semarang-Jakarta. 
Kalo ada yang bilang anak bontot cengeng itu bener banget karena apa??? karena yang gw rasain sebagai anak terakhir itu perasaannya lebih sensitif. Kadang gw juga bingung sama diri gw yang terlalu aneh ini. Bisa kalian bayangkan kehidupan gw yang udah terlatih dari kecil jarang bareng sama orang tua, tapi sekalipun gw jauh gw bakalan tetep nangis, tetep kangen, tetep ngerasain apa yang kalian rasain kalo kalian lagi jauh dari orang tua kalian. Kedua orang tua gw itu super sibuk dari gw belom sekolah, gw masih inget banget saat kaka dan abang gw pada pesantren posisi gw saat itu belom sekolah, dirumah setiap pagi gw dititipin ke sodara gw. Tiap pagi habis mandi, makan gw dianter dan kalo udah isya gw udah mandi udah cantik, duduk depan rumah sodara gw buat nunggu dijemput. Perasaan gw sih waktu itu seneng-seneng aja, karena dirumah sodara gw banyak temen-temen yang sepantaran jadi tiap hari kerjaannya cuma maen doang.

Beranjak TK gw mulai iri ngeliat temen-temen gw dianter ke sekolahnya sama mamanya, tapi gw? gw kadang berangkat sekolah bareng guru TK gw, lucu ya???
bukan lucu ini sih tapi sedih banget #tiba-tiba backsoundnya lagu yang lagi hits sekarang (sakitnya tuh disini) wkwk. Nah kalo pulang TK ya jalan sendiri -_- Oke lah lanjut lagi.... terusnya yang lebih parah dari kecil gw kan suka banget tuh nari, dari TK sampe lulus SD tiap naik-naikan kelas gw pasti nari. Inget banget pas TK gw kan nari ding ding ba din ding, semua orang tua temen-temen gw pada dateng. Tapi disitu gw tau orang tua gw gak bakal dateng, gw bingung sendiri karna kelas padet dan gw cuma ngeliatin temen-temen gw yang lagi di dandanin sama mamanya. Tapi karna gw juga pengen di dandanin, akhirnya dengan polosnya gw berdiri dibelakang temen laki-laki yang namanya Bayu. Disitu gw ngeliatin dia sambil heran ko laki-laki dipakein lipstikin gitu, tapi yaudalah gw berdiri aja barang kali gw juga bakal didandanin. hahaha hallo Bayu salam yah buat mamanya, makasih waktu itu udah dandanin gw. 
Oh iya ada lagi pas ada acara pergi haji yang ngelilingin ka'bah gw kira mama gw bakal nganter karna kan itu acara besar, seluruh TK hadir diacara itu. Tapi ternyata yang nganterin itu kaka diatas gw persis yang masih SD, iya seriusan masih SD. Terus gw juga pernah loh imunisasi sendirian, waktu itu rumah sepi gw harus imunisasi terus gw telpon mama gw yang lagi ngajar buat pulang nganterin gw. Tapi tau-tau gw disuruh ambil buku imunisasi disebuah lemari dan gw jalan sendiri ke tempat imunisasinya, Sampe sekarang gw masih hafal tuh buku imunisasi: warnanya biru, persegi panjang, dan covernya ada gambar ibu lagi menyusui anak bayi bener kan? :P Dilanjut yaaa....waktu gw belum ngerasain sedih soalnya masih kecil banget sih, belum lagi pulang imunisasi kan dikasih bubur kacang ijo yang masih panas banget haha.
Eh tapi puncaknya pas gw SD kelas 6 waktu acara perpisahandisekolah. Paginya gw protes "gw marah-marah ke mama, yang intinya selama ini tiap ngambil rapot orang tua gw gak ada yang pernah ke sekolah gw selalu guru gw yang nganter ke rumah. Gw juga nggak pernah kalo lagi nari dipanggung diliat sama mama. Jadi gw ngancem mama gw harus liat gw tampil dipanggung, 15 menit sebelum tampil malahan yang dateng abang gw. Astaghfirullah disitu gw nangis coba, haha padahal mau nari loh. Tapi karna di bujuk-bujuk akhirnya gw ngerti kalo emang orang tua gw sibuk. Well, pas gw turun panggung ada mama gw, kecewa emang karna mama gw tetep gak bisa liat gw nari dipanggung itu bahkan dari kelas 1 SD sampe kelas 6 SD orang tua gw gak akan pernah liat gw nari :') tapi bahagia gw melebihi kecewanya karna gimanapun mama gw akhirnya mau dateng di acara perpisahan SD. 

Menginjak usia 12 tahun gw dimasukin Pesantren disitu gw bakal ngerasain kerasnya pesantren dengan segala peraturannya.  Kalo lagi SD gw suka ketawain abang-abang gw yang pulang pesantren dengan kepala botak dan tangan penuh dengan pukulan rotan. Sekarang gantian gw yang bakalan ngerasain itu, tapi  ya pesantren putri gak gitu-gitu amat :|
Awalnya gw seneng karna gw pikir gw bakal biasa aja hidup dipesantren jauh dari orang tua kan udah biasa :) eh taunya 1 tahun pertama gw nangis muluuuuuuu haha. Dipesantren tiap hari besar islam kaya isra miraj, idul adha selalu ada acara yang megah, semua pesantren putra dan putri orang tuanya dateng. Hampir 3 tahun gw pesantren, dan tiap idul adha lagi-lagi orang tua gw gak bisa dateng. sedih.... iya lah pasti. Normalnya orang tua jengukin dan boleh ketemu tiap 2 minggu sekali di Hari Minggu, tapi beda kalo buat gw. Kalo gw dijenguk pas hari senin jam 4 sore pas jadwalnya les, jadi orang-orang pada les gw enggak..hehe bolos dong biar gaul :D

Tiba acara idul adha pas gw kelas 3, idul adha terakhir buat gw dipesantren itu. Gw nangis di wartel nyuruh mama gw dateng. Gw tunggu sampe mau maghrib ga dateng-dateng, udah nunggu lama tiba-tiba ada dua orang sosok yang nyebelin, dan pas gw liat ternyata abang-abang gw pada dateng dengan motor tigernya. Abang gw yang satu ngendarain motor yang satu megang bungkusan cemilan yang dibeli di minimarket sampe 2 kantong plastik ukuran besar. Tanpa basa basi gw tanya "mama mana?" abang gw jawab "mamanya lagi ngurusin qurban di 59 ilal sayang, besok mama dateng. jadi ini kita dulu ya yang dateng" uh disitu gw langsung marahin abang-abang gw, gw lempar makanannya, gw tumpahin semua sampe parahnya gw sumpahin mama gw biar dipecat. Abang gw bujuk-bujuk tapi gak mempan, sampe gw capek sendiri nangis dan gw balik ke asrama ninggalin kedua abang gw........................................

Yah, kalo diinget-inget rasanya konyol banget haha tapi harap dimaklum gw terlalu bocah waktu itu :)) Beda saat gw udah ngerantau di Semarang, lanjut kuliah diluar kota. Gw rasa akan lebih baik, gw rasa karna gw udah mulai mengenal cinta dengan lawan jenis, mengenal rasa suka terhadap lawan jenis, sifat kekanak-kanakan gw bakal ilang. Cuma nyatanya kalo hilang itu kayanya engga akan, tapi kalo berkurang itu mungkin. Eh tapi jujur deng sampe gw kuliah kalo liburan pulang ke rumah tapi mamanya gak dirumah malah sibuk di 59 gw tetep kejer ko nangisnya, aih udah kaya anak SD beneran. Sebenernya ini aib sih, hahahaha tapi mana tau ada laki-laki yang nerima kekurangan gw ini :P

Karna satu hal yang gak akan pernah bisa ngerubah gw itu cuma mama dan bapak, sesibuk apapun mereka, sejauh apapun gw dari mereka dari mulai TK, SD, Pesantren dan sempet kuliah di Semarang dan bahkan sekarang lanjut kuliah di Bandung gw teteplah gw, gw yang cengeng kalo jauh dari mereka walaupun dari kecil waktu bersama mereka minim. 
.......Sekarang gw baru sadar di usia senja mereka, diusia dewasa gw, Allah masih memberikan waktu buat gw sama mereka. Allah belum memanggil mereka, karna Allah tau betapa sedikitnya waktu mereka buat gw selama ini. 
Wahai Allah,,,,panjangkan umur kedua orang tuaku, tolong jaga mama dan bapak, jangan panggil mereka dulu karna hamba belum puas menghabiskan waktu bersamanya. aamiin :)

Comments

Popular posts from this blog

Menulis Kembali

Menyayangimu :)